Minggu, 28 Oktober 2012

Memaknai Sumpah Pemuda

me : "Semua pada tahu dong kalau tanggal 28 Oktober tuh hari apa???"

A : "Pasti. 28 Oktober mah pas gue jadian ama pacar gue."

B : "Tau lah. itu mah hari lahir Gue."

me : "wah, pada ngaco semua.... yang paling mengesankan dari apa yang terjadi pada 28 Oktober adalah,,,
         (deng.. deng.. deng..)

"SUMPAH PEMUDA"

A dan B : "Oh, itu.. pasti tahu lah. Gue kan anak Indonesia"

       
          Well, hari ini kita semua masyarakat Indonesia turut memperingati Hari Sumpah Pemuda.. (Awas ya kalau ada yang nggak tahu) Nah, semua orang punya cara sendiri untuk memperingatinya.. misalnya, anak masisiswa yang turun ke jalan, ada juga yang mengunjungi Museum, browsing internet untuk baca sejarah sumpah pemuda, dan masih banyak lagi..

Tapi lepas dari bagaimana kita memperingatinya, ada yang lebih penting. tahu apa???? yaps, bagaimana kita memaknai hari sumpah pemuda itu sendiri..

Dilihat dari sejarah, sumpah pemuda itu sendiri dilakukan oleh sekompok pemuda Indonesia waktu itu yang berusaha untuk mewujudkan kemerdekaan bagi bangsa kita.. mereka saat itu melakukan rapat. tak ada lagi yang namanya rasanya takut.. semua hanya fokus pada 1 titik, menuju impian bersama, yaitu mempersatukan Pemuda dan Pemudi Indonesia untuk bersatu melawan penjajah.  Hingga akhirnya, terciptalah isi sumpah pemuda yang tidak asing lagi bagi kita..

"Kami Puta dan Putri Indonesia mengaku bertanah air, tanah air Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbahasa satu, Bahasa Indonesia"



      Lihatlah, bagaimana pemuda kita dulu. benar-benar cinta sama bangsa kita, Indonesia..
tapi, lihat bagaimana dengan pemuda sekarang.. miris.. hanya segelintir pemuda saja yang benar-benar memiliki jiwa patriot...

inilah cerminan buruk anak muda Indonesia sekarang ...

- Anak sekolahan udah pada tawuran.. bahkan parahnya udah nelan korban.. dimana rasa kesatuan dan persaudaraan kita sebagai pribumi di tanah tercinta kita, tanah Indonesia???

- Udah ada yang berani nyoba narkoba... parah!!

- menghabiskan waktu main internetan yang nggak ada manfaatnya..

pokok eee masih banyak lagi yang nggak bisa aku sebutkan semuanya..

wah, inikah pemuda-pemudi bangsa kita??? mau jadi apa bangsa kita dengan penerus bangsa seperti ini???

well, weak up guys!!!

malu kita sama pejuang-pejuang bangsa kita dulu... kita nggak tahu terima kasih atas jasa-jasa mereka.. kita mah enak sekarang bisa hidup tenang sekarang. nggak ada lagi rasa takut, gelisah, khawatir kalau-kalau para koloni akan menyerang kita.... karena apa???? karena kita sekarang udah merdeka.. ayo, itu karena siapa??? itu atas perjuangan para pejuang kita...

coba renungkan, teman-teman...

mmm, mumpung nih lagi hari sumpah pemuda... yukk, kita teriakkan bersama-sama isi sumpah pemuda.. kalau bisa kepalkan tangan teman-teman dan taruh di dada kalian.. teriaklah sekencang-kencangnya dengan penuh kejiwaan...
ekhmmm, satu.... dua .... tiga... !!!

Kami Puta dan Putri Indonesia mengaku bertanah air, tanah air Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbahasa satu, Bahasa Indonesia


Ok, terima kasih atas suara teman-teman...

mari kita lebih bijak menggunakan waktu kita sebaik-baik mungkin...
berusaha untuk melakukan terbaik baik diri kita sendiri, keluarga, masyarakat, dan terlebih untuk bangsa tercinta kita, bangsa Indonesia...

_Kami Cinta Indonesia_

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar